Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Root Secara Gratis


Cara menggunakan VPN di Android tanpa root secara gratis. Apa itu VPN? Singkatnya VPN (Virtual Private Network) adalah membuat suatu jaringan yang bersifat privat di dalam suatu jaringan yang bersifat publik (internet). Dengan VPN ini, setidaknya kamu bisa mendownload aplikasi yang tidak tersedia di negara kamu, tetap aman bermain media sosial di Wifi publik, untuk internet gratis bisa, dan masih banyak lagi yang bisa kamu manfaatkan dengan VPN ini.
Cara menggunakan vpn di android tanpa root
Cara menggunakan vpn di android tanpa root
Lalu bagaimana si cara menggunakan VPN di android? Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan. Ketiga cara tersebut antara lain dengan memanfaatkan fitur VPN bawaan android, menggunakan aplikasi Open VPN Connect, dan menggunakan aplikasi ketiga untuk android. Semuanya akan saya jelaskan dalam pembahasan di bawah ini.

Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

1. Memanfaatkan Fitur VPN Bawaan Android

Android memiliki dukungan terintegrasi untuk VPN jenis PPTP dan L2TP. Tentunya kamu dapat terhubung ke jenis VPN ini tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga manapun.

Sebelum masuk ke tutorial penggunaan, kamu harus membuat akun VPN PPTP terlebih dahulu di website penyedia layanan VPN seperti tcpvpn.com, freevpn.us, sshwus.com, dan lain-lain. Berikut cara membuat akun VPN PPTP di situs Tcpvpn.

Pertama, buka web www.tcpvpn.com. Disana akan tersedia beberapa server yang bisa kamu pilih di antaranya Server Asia, Eropa, dan Amerika. Saya sarankan jika kamu menginginkan koneksi yang cepat dan stabil, pilih Server Asia dengan negara Singapore.

Pemilihan server tcpvpnPemilihan negara tcpvpn
Setelah memilih negara Singapore, pilih pada tab PPTP VPN dan pilih server mana yang akan kamu gunakan. Sampai saat artikel ini dibuat, tersedia 6 server Singapore yang bisa dipilih. Create Username and Password untuk melanjutkan.

Pembuatan username dan password
Isikan username dan password sesuai keinginan kamu. Jika sudah, klik Create Premium Account.

Pembuatan akun vpn
Catatlah IP, Username dan Password untuk digunakan pada proses selanjutnya. Perlu diketahui membuat akun VPN di website tcpvpn hanya berlaku selama lima hari. Jika sudah lewat lima hari, kamu tinggal ulangi cara di atas dengan menggunakan username yang berbeda.

Akun vpn yang sudah dibuat
Nah, jika sudah mempunyai akun saatnya untuk mengkoneksikan akun VPN tadi dengan fitur bawaan android. Caranya, pergi ke Setelan >> Selengkapnya/Lainnya >> VPN.

Tampilan setelan androidLokasi setelan vpn android
Klik pada Menambahkan profil VPN dan isi data-data yang ada sesuai akun yang telah dibuat tadi, perhatikan dan ikuti prosesnya sesuai pada gambar di bawah. Kalau sudah, klik OK.

Form setelan vpn android
Nah untuk mengkonekannya, klik pada tulisan VPN dan tunggu hingga VPN terhubung.

Proses penghubungan vpn pada android
Jika sudah terhubung, kita akan mengecek apakah server dari jaringan kita sudah berganti atau belum. Untuk mengeceknya, buka browser dan masuk ke web whatismyip.com.

Proses pengecekan server
Selamat, sekarang kamu sudah bisa menggunakan VPN di android kamu.

2. Menggunakan Open VPN Connect

Cara yang kedua yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa mengkoneksikan VPN di android adalah dengan bantuan aplikasi Open VPN Connect. Download dan install aplikasi tersebut di Google Play Store maupun di website resminya, atau jika kamu tidak mau ribet klik pada tautan di bawah.

Download | Open VPN Connect for Android (Gratis)

Sama seperti cara pertama, kamu diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Di samping akun, kamu juga harus mempunyai sebuah Config untuk Open VPN Connect ini. Config ini biasanya telah disediakan oleh website penyedia VPN.

Oke untuk cara membuat akun untuk Open VPN Connect caranya sama saja seperti cara yang pertama. Buka website Tcpvpn dan pilih server dan negara mana yang akan dipakai. Kali ini saya mencontohkan untuk memakai negara United States.

Pemilihan server America
Yang membedakan dengan cara membuat akun yang pertama adalah pada tab yang dipilih. Jika pada cara pertama kamu pilih tab PPTP, maka pada cara kedua ini kamu pilih tab OpenVPN TCP atau OpenVPN UDP. Saya lebih menyarankan OpenVPN UDP karena sesuai pengalaman saya OpenVPN UDP ini koneksinya lebih unggul dibanding OpenVPN TCP, walaupun saya belum mengetahui letak perbedaan keduanya :D.

Silahkan kamu download config Open VPN terlebih dahulu kemudian extract. Selanjutnya buatlah akun seperti cara yang pertama dan catat Username serta Passwordnya.

Pembuatan akun dan pengunduhan configAkun United States sudah siap

Oke setelah selesai membuat akun, saatnya kita eksekusi. Buka aplikasi OpenVPN Connect yang telah diinstall. Sentuh pada bulatan tiga menurun di pojok kanan atas dan pilih Import kemudian pilih Import Profile from SD card.

Tampilan awal openvpn connectMenu Import from SD Card

Carilah lokasi dimana kamu menyimpan config Open VPN yang telah kamu download dan extract tadi. Sudah ketemu? pilih pada us-udpvpn.com-25000.ovpn dan sentuh Select.

Proses import config

Masukkan username dan password yang telah kamu buat. Centang Save untuk menyimpan password dan terakhir sentuh Connect. Jika muncul Select Certificate, pilih Continue.

Isian username dan passwordSelect Certificate

Seperti inilah tampilan Open VPN jika sudah terhubung.

Tampilan Connected Open VPN

Terakhir cek server negara kamu apakah sudah terkoneksi dengan VPN atau belum.

Pengecekan server kedua

3. Menggunakan Aplikasi Layanan VPN Android

Cara yang terakhir yang bisa digunakan untuk menghubungkan android kamu dengan VPN adalah dengan menggunakan aplikasi yang bertebaran di internet. Mungkin cara inilah yang paling umum digunakan oleh para pengguna VPN karena yang sangat mudah dan simpel dalam proses penggunaannya.

Aplikasi VPN untuk android sangat banyak, dari mulai yang gratis hingga berbayar. Untuk yang gratis, saya mempunyai beberapa rekomendasi untuk kamu gunakan. Di antaranya VPN Master, Turbo VPN, Touch VPN, dan Psiphon VPN. Di bawah ini saya akan jelaskan cara penggunaan Turbo VPN.

Pertama, tentunya kamu harus mendownload dan install Turbon VPN ini. Silahkan pergi ke Google Play Store dan cari turbo VPN, atau klik pada tautan di bawah ini.

Download | Turbo VPN (Gratis)

Buka Turbo VPN dan sentuh gambar dunia di pojok kanan atas.

Tampilan awal turbo vpn

Pilih server negara mana yang akan kamu gunakan. Disini saya mencontohkan memakai negara Canada.

Pemilihan server negara
Sentuh Oke untuk melanjutkan dan tunggu hingga berhasil terhubung.

Setelan perizinan vpnTampilan terhubung

Oke dan seperti biasa kamu cek apakah android kamu sudah terhubung dengan VPN atau belum.

Pengecekan server ketiga
Kekurangan dari cara ketiga ini adalah dari kecepatan koneksi internet. Karena jika saja ada satu juta orang yang mengunduh aplikasi layanan vpn, maka otomatis juga ada satu juga orang yang mengakses server yang sama yang disediakan oleh layanan vpn tersebut. Sehingga server akan penuh dan mengakibatkan akan menurunnya kecepatan internet.

Oke begitulah cara menggunakan VPN di android tanpa root. Silahkan kamu pilih salah satu cara yang menurut kamu paling enak digunakan. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan share artikel ini ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Root Secara Gratis"

Post a Comment