Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font Windows 10


Cara mengganti ukuran dan jenis font pada Windows 10 ini dilakukan karena terkadang ukuran font default windows 10 itu terlihat kecil untuk beberapa orang. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa faktor. Layar komputer yang beresolusi tinggi mungkin menjadi salah satu faktor penyebabnya. Oleh karena itulah saya buat artikel ini. Saya akan menunjukkan bagaimana cara mengatur ukuran font pada windows 10 sesuai keinginan kamu, di samping itu kalau kamu bosan dengan fontnya yang itu-itu aja, saya juga akan menjelaskan cara mengubah jenis font pada windows 10 kamu.

Cara mengganti ukuran dan jenis font Windows 10

Perlu diketahui mulai pada Windows 10 versi Creators Update sampai update terbaru sekarang, fitur bawaan untuk merubah ukuran font telah dihilangkan. Tidak diketahui mengapa Windows memutuskan untuk menghapus fitur dasar ini. Oleh karena itulah untuk kamu yang menggunakan Windows 10 versi Creators Update atau di atasnya kamu memerlukan bantuan pihak ketiga (software) untuk proses perubahan font kamu.

Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font pada Windows 10

Creators Update ke Atas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada Windows 10 versi Creators Update ke atas kamu memerlukan bantuan pihak ketiga (software). Ada banyak software yang bisa kamu manfaatkan di luar sana dari software hebat yang gratis sampai berbayar. Namun disini saya akan memakai software dari WinTools bernama System Font Changer. Silahkan kamu download dulu softwarenya di bawah.

Download: System Font Changer (Gratis)

Saat pertama kali dijalankan, software System Font Changer ini biasanya menanyakan apakah kamu ingin menyimpan pengaturan default Windows 10 atau tidak, saya sarankan agar kamu menyimpan pengaturan default ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada kesalahan dalam proses perubahan font, atau jika kamu nanti memutuskan untuk mengubah kembali font kamu seperti semula. Klik Yes dan tentukan folder dimana kamu akan menyimpannya.

Tampilan system font changer

Saat software terbuka, pilih bagian mana yang ingin kamu ubah ukurannya, seperti Title Bar atau Message Box atau lainnya. Kemudian untuk mengatur ukurannya gunakan slider yang terletak di sebelah kanan, kamu bisa memilih ukuran font antara skala 0 sampai 20. Kamu juga bisa mencentang Bold kalau kamu mau menebalkan font di bagian tertentu. Jika sudah, klik tombol Apply kemudian log out. Dan selesai, maka font kamu akan berubah ukurannya.

Sebelum Versi Creators Update

Untuk versi yang lebih rendah dari Creators Update, kamu tidak harus menggunakan bantuan pihak ketiga (software). Pengaturan bawaan Windows telah tersedia untuk melakukan hal ini.

Tekan tombol Windows+I untuk membuka Settings dan pilih System > Display. Klik Advanced display settings > Advanced sizing of text and other items.

Pengaturan default font windows 10

Langkah-langkah di atas akan membuka jendela Control Panel. Di sini kamu akan melihat dua buah dropdown. Dropdown yang pertama bisa kamu gunakan untuk memilih bagian mana yang ingin kamu rubah, dan dropdown yang kedua berisi ukuran font yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa mencentang Bold untuk menebalkan pilihan tertentu sesuai keinginan kamu. Setelah selesai, klik Apply.

Mengganti Jenis Font Windows

Font sistem default pada Windows 10 pada umumnya adalah Segoe UI. Merubah jenis font Windows 10 agak rumit dibanding generasi Windows sebelumnya yang membiarkan kamu dapat dengan mudah mengubah font sistem. Untuk merubah font di Windows 10, kamu perlu melakukan beberapa pengeditan pada registry atau bisa juga menggunakan software. Namun dalam tutorial kali ini saya hanya akan menjelaskan cara merubah jenis font Windows 10 dengan mengedit registry.

Sebelum kita mulai, ada beberapa yang harus diperhatikan. Pertama, kamu harus hati-hati dan teliti saat mengedit apapun di registry karena bisa menimbulkan masalah serius jika kamu mengacaukan setting yang salah. So, ikuti tutorial ini dengan baik dan benar.

Kedua, beberapa jenis font tidak selalu dirancang untuk digunakan untuk sistem Windows dan tidak semua memiliki karakter yang lengkap. Saya sarankan periksalah terlebih dahulu font pilihan kamu untuk memastikan apakah font tersebut telah mendukung semua karakter yang dibutuhkan.

Ketiga, cara ini tidak akan bisa merubah semua tampilan font Windows 10 kamu. Beberapa menu yang tidak akan berubah diantaranya adalah Settings, Action Center dan Start Menu. Di samping itu, semua tampilan menu Windows akan berubah.

Oke untuk melanjutkan, buka Notepad dan salin script berikut ini:
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts]
"Segoe UI (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Light (TrueType)"=""
"Segoe UI Semibold (TrueType)"=""
"Segoe UI Symbol (TrueType)"=""
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes]
"Segoe UI"="NEW FONT"
Ganti NEW FONT dalam tanda petik dengan nama font yang akan kamu gunakan. Bisa saja Arial, Verdana, Calibri atau yang lainnya sesuai keinginan kamu. Kemudian Save file notepad kamu dengan cara klik File > Save As. Ubahlah save as type nya menjadi All Files, aturlah File Name dengan nama apapun terserah kamu dan diakhiri dengan .reg. Selesai, lalu klik Save.

Sekarang cari file yang telah disimpan tadi dan buka. Otomatis Windows akan mendeteksi bahwa itu adalah file registry. Klik Yes untuk konfirmasi dan klik OK. Terakhir restart komputer kamu dan lihat sekarang font kamu sudah berubah dari sebelumnya.

Untuk mengantisipasi jika suatu saat kamu ingin mengembalikan font Windows kamu seperti semula, silahkan kamu download file registry default di bawah ini. Caranya sama saja, buka dan klik Yes kemudian OK, restart dan selesai.

Download: Registry Default Windows 10 (Gratis)

Merubah Ukuran Font pada Seluruh Tampilan Windows

Jika kamu ingin merubah ukuran font pada semua tampilan, termasuk teks, Taskbar dan Start Menu, kamu dapat melakukannya di dalam pengaturan Display. Caranya kamu cukup tekan tombol Windows+I untuk membuka Settings dan pilih menu Display. Disana akan terlihat bahwa ukuran font recommended yang digunakan Windows adalah 100%. Kamu bisa merubahnya dengan klik dropdown yang ada. Atau kamu juga bisa memanfaatkan Custom scaling agar kamu leluasa dalam merubah ukuran font.

Pengaturan display windows 10

Untuk kembali ke ukuran default, pilih saja opsi Recommended pada dropdown. Saya sarankan agar kamu merubah ukuran font kamu sesuai dengan standar resolusi komputer kamu. Jika tidak, maka akan ada beberapa tampilan Windows dimana font menjadi buram tak jelas.

Pembesaran Sementara

Jika kamu tidak ingin repot-repot melakukan semua ini atau jika kamu ingin hanya tampilan tertentu saja yang diperbesar, kamu bisa merubah ukuran font kamu secara sementara. Ya, kamu bisa memanfaatkan fitur zoom untuk melakukannya. Kamu cukup menekan Ctrl dan + (tombol plus) untuk memperbesar dan Ctrl dan - (tombol minus) untuk memperkecil tampilan. Atau kamu juga bisa membuka menu View yang terdapat pada kebanyakan software untuk merubah tampilan.

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan pada Windows kamu, Magnifier. Di sana akan terdapat beberapa pengaturan untuk merubah tampilan. Silahkan berkreasi sendiri dengan Magnifier ini.

pengaturan magnifier

Nah itulah bagaimana cara mengganti ukuran dan jenis font yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang kebingungan merubah ukuran font Windows 10 kamu terutama untuk Windows 10 Creators Update ke atas. Oke, seperti biasa silahkan masukkan dan saran kalian saya tunggu melalui komentar di bawah. Terima kasih.

Related Posts:

13 Responses to "Cara Mengganti Ukuran dan Jenis Font Windows 10"

  1. Saya juga pake windows 10 thanks infonya

    ReplyDelete
  2. kebetulan laptop ane masih windows 7 gan, tapi gpp lah buat nambah-nambah ilmu haha...

    jangan lupa kunbalnya jika berkenan :)

    ReplyDelete
  3. Nice info gan buat nambah pengetahuan ane

    ReplyDelete
  4. ini bisa menjadi pilihan bagi kita yang ingin mengubah font dan besarnya huruf di windows 10

    ReplyDelete
  5. Memberikan informasi baru nih. Baru tahu aku kalo OS Windows bisa kaya gitu

    ReplyDelete
  6. kalo pake font yang ada di dafontcom itu bisa gak ya ?

    ReplyDelete
  7. Masih pakai win 8 nyimak dulu mana tau pakai win 10 ntar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending segera update ke windows 10 gan biar up to date, gak ketinggalan jaman :D

      Delete